
:quality(90)/f/60990/1200x666/d41aa802d1/cara-jago-bahasa-inggris.png)
To reach out the objective, data were collected through tests, observation and questionnaire during the process of carrying out a two-cycle classroom action research in the second grade class of SMP Santo Paulus during the even semester of 2017/2018 Academic Year. This classroom action research was conducted to enhance the students’ vocabulary by using the English Songs. Kata Kunci: Lagu Berbahasa Inggris, Penelitian Tindakan Kelas, Kosakata Namun, setelah menyelesaikan penelitian aksi, hanya 5% masih mengalami kesulitan dalam mempelajari Kosakata Bahasa Inggris.īerdasarkan temuan dalam diskusi, disarankan untuk melakukan penelitian tindakan serupa pada siswa tingkat pendidikan yang lebih rendah, dan untuk menggunakan jenis media lain yang menarik. Dalam siklus I, 23,53% dari siswa mengatakan bahwa mereka mengalami kesulitan dalam mempelajari kosakata bahasa Inggris dengan menggunakan lagu bahasa Inggris. Selain peningkatan skor, sikap siswa terhadap belajar bahasa Inggris menggunakan lagu-lagu berbahasa Inggris juga meningkat. Selain peningkatan skor, sikap siswa terhadap pelafalan juga meningkat. Hal ini terlihat dari peningkatan rata-rata nilai siswa, yaitu 36, 91 (tes awal) menjadi 66, 32 (post-test siklus 1) menjadi 70,15 (tes kemajuan) menjadi 75 (post-test siklus 2). Hasilnya menunjukkan bahwa lagu-lagu berbahasa Inggris dapat memperkaya kosakata siswa. Dengan menggunakan 34 siswa di kelas sebagai subjek yang terdiri dari 16 perempuan dan 18 laki-laki, penelitian tindakan dilakukan dengan memberikan latihan khusus tentang kosakata, termasuk mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris, menggali kata-kata yang tidak biasa atau sulit untuk siswa, merekam, menyalin dan menganalisis lirik lagu. Untuk mencapai tujuan, data dikumpulkan melalui tes, observasi dan kuesioner selama proses melaksanakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus di kelas dua SMP Santo Paulus selama semester genap dari Tahun Akademik 2017/2018.


Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kosakata siswa dengan menggunakan lagu-lagu berbahasa Inggris.
